PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP MBS AL-AMIN PUTRI BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2024/2025

Inayah, Ma’rifatul (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP MBS AL-AMIN PUTRI BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2024/2025. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Ma'rifatul Inayah (21110022) - Ma'rifat-1-29.pdf

Download (664kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Inayah, Ma’rifatul. 2025. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Metode Pembelajaran Picture Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP MBS Al-Amin Putri Bojonegoro Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Cahyo Hasanudin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Sutrimah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kemampuan menulis, teks eksplanasi, picture mapping Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan untuk meningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan metode pembelajaran picture mapping pada siswa Kelas VII SMP MBS Al-Amin Putri Bojonegoro Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdapat 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP MBS Al-Amin Putri Bojonegoro dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga April. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP MBS Al-Amin Putri Bojonegoro yang berjumlah 25 siswa. Data yang digunakan berupa hasil tes siswa awal sedangkan sumber data yang digunakan berupa data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik nontes yang digunakan berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan berupa tes kemudian dianalisis secara kuantitatif. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran picture mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Hal ini terlihat dari prasiklus siswa yang tuntas mencapai 28%, sedangkan yang belum tuntas 72%. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 48% dan yang belum tuntas 52%. Dalam siklus II, siswa yang tuntas meningkat menjadi 80% sedangkan siswa yang belum tuntas 20%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran picture mapping efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:38
Last Modified: 15 Sep 2025 04:38
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item View Item