PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

MUBAROK, AMRIL (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Amril Mubarok - 24229001 - AMRIL MUBAROK-1-26 (1).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

AMRIL MUBAROK (24229001). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Skripsi, program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Nur Rohman, M.Pd. dan Pembimbing (II) Ali Mujahidin, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Discovery Learning, Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model spiral Kemmis dan McTaggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas VIII A SMP Plus Al Barokah Babat. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase siswa dalam kategori tinggi dan sangat tinggi hanya mencapai 29%. Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II, jumlah tersebut meningkat menjadi 84%, melampaui indikator keberhasilan penelitian. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif dalam mendorong keterlibatan aktif dan pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 30 Sep 2025 04:51
Last Modified: 30 Sep 2025 04:51
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item