PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Laily, Anik Nur (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
3. ABSTRAK_SAMPUL_PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
2. BAB 1-3_SAMPUL_PENGESAHAN.pdf

Download (936kB)
[img] Text
4. JURNAL.pdf

Download (188kB)

Abstract

Laily, Anik Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Ari Indriani, M.Pd. (2) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci : Script, Kemampuan Komunikasi Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research) dengan Post Test Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah siswa 288 siswa. Populasi tersebut diambil dua kelas sampel yaitu kelas VII-A dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe script dan kelas VII-B dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang terdiri dari 5 soal uraian. Teknik analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan uji t dan dilakukan analisis uji prasyarat dengan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji Bartlett untuk uji homogenitas serta uji t untuk uji keseimbangan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe script didapat thitung = 3,275 > ttabel = 2,297 sehingga thitung  DK maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:14
Last Modified: 15 Jun 2020 03:14
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item