PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN PUISI DENGAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 1 JEPON BLORA TAHUN AJARAN 2018/2019

SULASIH, SULASIH (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN PUISI DENGAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 1 JEPON BLORA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
3. 171199009_Sulasih_Sampul, Pengesahan, Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB)

Abstract

Abstrak Sulasih. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Puisi dengan Metode Think Talk Write pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Jepon Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I).Muhamad Sholehhudin, S.Pd., M.Pd., (II) Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci: keterampilan menulis, metode think talk write, teks ulasan puisi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis, (2) peningkatan kualitas hasil keterampilan menulis teks ulasan puisi dengan metode think talk write pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Jepon Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Jepon Blora. Sumber data pada penelitian adalah hasil evaluasi belajar, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknis tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Teknik kualitatif dilakukan dengan cara mendeskripsikan data hasil tes antar siklus, analisis kuantitatif digunakan untuk menghitung angka-angka atau nilai yang diperoleh dari pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan metode think talk write dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil dari observasi keterampilan menulis teks ulasan puisi menunjukkan peningkatan nilai di setiap siklusnya. Peningkatan proses yaitu perhatian terhadap pembelajaran, gairah belajar siswa, keaktifan siswa terhadap pembelajaran, dan ketepatan waktu siswa dalam mengumpulkan tugas yang paling dominan mengalami peningkatan adalah perhatian terhadap pembelajaran dan gairah belajar siswa. Peningkatan hasil merupakan peningkatan keterampilan menulis teks ulasan puisi siswa yang diukur berdasarkan nilai hasil menulis teks ulasan puisi. Peningkatan nilai siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai tiap tindakan. Rata-rata nilai siswa pada pratindakan yaitu 44,37, lalu meningkat sebesar 68,63 pada siklus I. Selanjutnya, dari siklus I ke siklus II nilai meningkat sebesar 68,63 sehingga rata-rata siklus II menjadi 76,28. Dengan demikian, terjadi peningkatan nilai siswa dengan menggunakan strategi Think Talk Write.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: WRTITING SKILLS, THINK TALK WRITE METHOD, POETRY WORDS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:47
Last Modified: 27 Feb 2020 03:47
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item