EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KUSNIAH, YUYUN (2019) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (871kB)

Abstract

ABSTRAK Kusniah, Y. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Mts Tarbiyatul Islam Soko Tahun Pelajaran 2018/2019 Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S.Si., M. Pd. (II) Puput Suriyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan berpikir kreatif. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan suatu individu. Salah satu ilmu dasar dalam pendidikan adalah matematika, karena matematika merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan berpikir logis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Sesuai dengan kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar menjadi warga masyarakat yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, serta mampu berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa peserta didik memiliki keharusan untuk berkemampuan berpikir logis, sistematis, kritis dan kreatifPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode tes berupa pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam soko tahun pelajaran 2018/2019. Adapun untuk sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen.. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:09
Last Modified: 27 Feb 2020 04:09
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item