frasa, frasa endosentris, frasa eksosentris, pembelajaran

PRASADANA, NOVAN HAFID (2019) frasa, frasa endosentris, frasa eksosentris, pembelajaran. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
COVER + PENGESAHAN+BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (622kB)

Abstract

Abstrak Prasadana, H. N. 2019, Peningkatan Kemampuan Menulis puisi Menggunakan Metode Sugesti Imajinatif Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Ngasem Skripsi,Progam Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Agus Darmuki, M.Pd., (II) Cahyo Hasanudin, M, Pd Kata Kunci: Ketrampilan menulis puisi,metode sugesti imajinatif Penelitian ini bertujuan 1) Untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi denganmenggunakan metode sugesti imajinatif, 2) Untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode sugesti imajinatif . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Lokasi Penelitian ini di SMP PGRI Ngasem.Sumber data pada penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis puisi di kelas. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawacara, dokumentasi dan tes.Teknik analisis kritis . Teknik analisis deskriptif komparatif digunakan untuk analisis data kuantitatif yaitu dengan membandingkan hasil antar siklus, sedangkan alalisis kritis mencakup kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dengan guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan penerapam metode sugesti imajinatif pada materi ketrampilan menulis puisi dapat menigkaran aktivitas siswa dan aktivitas guru serta meningkatkan hasil ketrampilan menulis puisi. Dari hasil aktivitas siswa tersebut dapat dilihat dari masing-masing aspek, aspek pertama pada siklus I 7 siswa (66,6%), aspek kedua 8 siswa (37.0%), aspek ketiga 6 siswa, Selanjutnya 12 siswa (70,4%), aspek kelima 11 siswa (74,0%). Kemudian meningkat pada siklus II meningkat menjadi 11 siswa(81,5%) , 10 siswa (70,4%), 12 siswa (81,5%), Hasil aktivitas guru pada tiap siklus 1 berjumalah 26 dengan kategori cukup, Kemudian meningkat pada siklusII berjumpalh 34 dengan kategori baik, Nilai rata-rata dari hasil ketrampilan menulis puisi tiap siklus yaitu 4,98 pada tahap prasiklus, pada siklu I sebesar 6,77 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 7,57

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan menulis puisi,metode sugesti imajinatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:41
Last Modified: 27 Feb 2020 08:41
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item