Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu Mind Mapping Dengan Pembelajaran Reciprocal Teaching tanpa berbantu Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumberrejo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro Tahun Ajaran 2018 / 2019

ASIYAH, SITI NOFI DUWI (2019) Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu Mind Mapping Dengan Pembelajaran Reciprocal Teaching tanpa berbantu Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumberrejo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro Tahun Ajaran 2018 / 2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Asiyah, Siti Nofi Duwi. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu Mind Mapping dengan Pembelajaran Reciprocal Teaching tanpa berbantu Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumberrejo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, (I) Drs. Sujiran, M.Pd (II) Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Reciprocal Teaching, Mind Mapping, Hasil Belajar Matematika Siswa. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah pembelajaran reciprocal teaching berbantu mind mapping memberikan hasil belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran reciprocal teaching tanpa berbantu mind mapping pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten bojonegoro tahun ajaran 2018/2019 Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Sumberrejo Kelas VIII semester II tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VIII-A, VIII-B, VIIIC, VIII-D, dan VIII-E. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII-D dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII-C dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan soal. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai UH semester genap siswa kelas VIII SMPN 2 Sumberrejo tahun ajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan rumus product moment, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran mind mapping sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus separeted varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 2 Sumberrejo didapatkan Harga t hitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 1,851. Besar derajat kebebasan dk = 54 dan taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 1,674. Didapatkan hasil bahwa harga thitung > ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran reciprocal teaching berbantu mind mapping memberikan hasil belajar lebih baik dibandingkan pembelajaran reciprocal teaching tanpa berbantu mind mapping pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten bojonegoro tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Reciprocal Teaching, Mind Mapping, Hasil Belajar Matematika Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:16
Last Modified: 27 Feb 2020 08:16
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item