ANALISIS PENOKOHAN DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL GERHANA MERAH KARYA MUHAMMAD SHOLIHIN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ANJANI, MONICA PUTRI (2019) ANALISIS PENOKOHAN DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL GERHANA MERAH KARYA MUHAMMAD SHOLIHIN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. Skripsi bab 123+pengesahan.pdf

Download (451kB)

Abstract

ABSTRAK Anjani, Monica Putri, 2019.“Analisis Penokohan dan Nilai-nilai Pendidikandalam Novel Gerhana Merah Karya Muhammad Sholihin Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Strata Sarjana, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs. Syahrul Udin, M.Pd., (II) Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd. Kata Kunci: Penokohan, nilai-nilai pendidikan, pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan, nilai-nilai pendidikan novel Gerhana Merah karya Muhammad Sholihin hubungannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penokohan novel Gerhana Merah karya Muhammad Sholihin terdapat sepuluh penokohan antara lain. Tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh antagonis, tokoh protagonis, tokoh sederhana, tokoh bulat, tokoh statis, tokoh berkembang, tokoh tipikal, dan tokoh netral. Nilai pendidikan ada nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari novel Gerhana Merah karya Muhammad Sholihin. Novel yang digunakan adalah novel cetakan pertama, Februari 2018. Pengumpulan data pada novel ini adalah membaca berulang kali novel Gerhana Merah karya Muhammad Sholihin. Penelitian ini ada tiga tahapan, antara lain: reduksi data, pemaparan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada sepuluh tokoh yaitu, tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh sederhana, tokoh bulat, tokoh statis, tokoh berkembang, tokoh tipikal, dan tokoh netral. (1) Tokoh utama dalam novel Gerhana Merah karya Muhammad Sholihin terdiri dari, Rukinah. Tokoh tambahan terdiri dari, Datuak Lipati Siguno, datuak Sati nan Aluih, Benu, Kisam, Nadhim, Fahira, Kemampa, Datoek Lingga Sati, Kahar, Mas Cokro, Sunarti Kirman, Urmoven Zukun, Mang Gudhel, Balakungka, Kalumba, Mayor Lehman van Berg. Selain itu terdapat tokoh protagonis yang terdiri dari Tan Kun Najar dan Aliarham. Tokoh antagonis terdiri dari, Benu, Demang Doporo, Nyi Lastri. Tokoh sederhana terdiri dari Tan Kun Najar. Selanjtnya, tokoh bulat terdiri dari Tan Kun Najar dan Mahesa. Tokoh tipikal terdiri dari Nyi Lastri, Tan Kun Najar, dan Sunarti. Tokoh yang terakhir adalah tokoh netral terdiri dari Nurisin, Tan Kun Najar, dan Kirman. (2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Gerhana Merah karya Muhammad Sholihin terdiri dari nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya. Novel Gerhana Merah karya Muhammad Sholihin meiliki hubungan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA dapat dilihat pada KD 7.2 yang berbunyi menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/Terjemah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penokohan, nilai-nilai pendidikan, pembelajaran bahasa Indonesia di SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 27 Feb 2020 09:04
Last Modified: 27 Feb 2020 09:04
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item