ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG LIMAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

FILAYATI, ULYA UNJIA (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG LIMAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SAMPUL, PENGESAHAN, BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (933kB)

Abstract

ABSTRAK Filayati, Ulya Unjia. 15310045. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Pada Materi Bangun Ruang Limas Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Dwi Erna Novianti, S.Si, M. Pd., (II) Puput Suriyah, M. Pd. Kata kunci : analisis, kesalahan, tipe belajar, soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam memecahkan soal cerita pada materi bangun ruang limas yang ditinjau dari tipe gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII (Ibrahim) SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita luas permukaan limas dan volume limas. Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan dalam memahami makna soal ; (2) kesalahan proses; (3) kesalahan hasil. Disamping itu, tipe gaya belajar juga dapat memengaruhi kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal. Siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik mengalami kesalahan hasil, siswa yang memiliki tipe gaya belajar visual mengalami kesalahan memahami dan hasil, dan siswa yang memiliki gaya belajar auditori mengalami kesalahan memahami, kesalahan proses, dan kesalahan hasil. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan memahami makna soal yaitu siswa masih belum mengetahui apa yang diketahui dan ditanya didalam soal. Penyebab kesalahan proses yang dilakukan oleh siswa yaitu siswa belum mengetahui dengan pasti apa yang diketahui dan ditanya dalam soal, penguasaan materi luas permukaan dan volume limas siswa rendah, dan siswa belum mengetahui langkah penyelesaian sesuai dengan prosedur. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam perhitungan yaitu keasalahan siswa dalam penulisan, siswa belum menguasai pengoperasian dalam matematika dan siswa kurang teliti karena tergesa-gesa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: analisis, kesalahan, tipe belajar, soal cerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 09:14
Last Modified: 27 Feb 2020 09:14
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item