PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

CAHYANI, ARVIANA PUTRI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. Bab 1-3 + Sampul dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (844kB)

Abstract

ABSTRAK Cahyani, Arviana Putri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Dosen Pembimbing (I) Ari Indriani, M.Pd., (II) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray), Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan statistika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol untuk pembelajaran konvensional dan kelas VIII-B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen untuk pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal tes pemahaman konsep matematika yang terdiri dari 15 soal uraian. Teknik analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik uji t dan dilakukan analisis uji prasyarat dengan uji Liliefors untuk uji normalitas dan uji F unutk uji homogenitas serta uji t-test untuk uji keseimbangan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh hasil thitung = 9,910 > ttabel = 2,002 thitung > ttabel sehingga thitung DK maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan statistika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray), Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:07
Last Modified: 02 Mar 2020 08:07
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item