INOVASI PEMBELAJARAN PPKN PADA ERA 4.0

Hutomo, Bagus Aditya (2021) INOVASI PEMBELAJARAN PPKN PADA ERA 4.0. EDUTAMA, - (-). -. ISSN 2548-281X (Unpublished)

[img] Text
Jurnal - Bagus Aditya Hutomo.pdf

Download (314kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Keberhasilan proses pendidikan tidak terlepas dari bagaimana proses perencanaan, implementasi serta kebijakan penunjang yang dilakukan secara berkesinambungan. Karena pendidikan adalah modal dasar pembangunan maka setiap negara sudah tentu menempatkannya pada tujuan utama. Pemerintah melakukan berbagai perbaikan-perbaikan diberbagai komponen pendidikan dengan berbagai kajian dan refleksi terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dijalankan sebelumnya. Kurikulum menjadi satu komponen yang sangat vital di dalam dunia pendidikan. Kurikulum tersebut dikembangkan dalam rangka menjawab berbagai tantangan yang berkembang di era saat ini. Era disrupsi menjadi sebuah masa yang harus kita lewati dan lalui dengan berbagai tantangan yang ada. Era digital atau era disrupsi saat inti mendorong untuk meningkatkan literasi teknologi sebagai pendukung inovasi. Hal ini dilakukan seiring upaya untuk membangun manusia Indonesia yang siap menghadapi revolusi industri 4.0. penelitian ini bertujuan untuk mendalami keberhasilan terhadap partisipasi aktif siswa dan memiliki kerjasama yang baik dengan guru ataupun dengan siswa yang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat di dalam teks yang diteliti. Dari hasil penelitian, kemampuan guru untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif agar mampu membekali peserta didik untuk bersaing dan menciptakan lapangan kerja berbasis Revolusi Industri 4.0. guru harus mampu berinovasi dengan memanfaatkan media digital. Menggunakan media visual (maya), media audio dan media audio visual. Media sosial menjadi media komunikasi yang ampuh digunakan oleh peserta didik yang dapat dimanfaatkan guru di era revolusi industri 4.0. Kehadiran media sosial dapat dimanfaatkan guru agar pembelajaran berlangsung tanpa batas ruang dan tanpa waktu. Maka, guru PPKn harus dapat menyesuaikan media pembelajaran yang mampu mengembangkan daya pikir peserta didik dan memberi bekal kepada peserta didik agar memiliki kemampuan teknis dan kreativitas tinggi serta mampu memecahkan masalah secara kritis, kreatif, dan inovatif. Kata kunci: Pembelajaran era 4.0, Strategi pembelajaran, mengajar Online.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:17
Last Modified: 26 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item