KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN FABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 KUNDURAN,KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

SUSILOWATI, SUSILOWATI (2019) KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN FABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 KUNDURAN,KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Cover+Pengesahan+Bab1-3.pdf - Published Version

Download (954kB)

Abstract

ABSTRAK Susilowati, 2019. Keefektifan Model Numbered Head Together (NHT) Dengan Bantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menceritakan Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kunduran Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIp PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Muhamad Sholehhudin, Spd., M.Pd., dan Pembimbing (II) Joko Setiyono, M.Pd.. Kata Kunci:Keefektifan, model numbered head together (NHT), bantuan media gambar, menceritakan fabel. Rendahnya keterampilan berbicara pada siswa kelas VII khususnya dalam pembelajaran bercerita fabel yang melatar belakangi penelitian ini. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan keefektifan model tertentu untuk mengetahui model yang efektif dalam pembelajaran bercerita fabel dengan menggunakan bantuan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kunduran Blora. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Numbered Head Together (NHT). Adapun tujuan penelitian ini adalah efektivitas penggunaan model Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan media gambar terhadap kemampuan menceritakan fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kunduran Blora tahun pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini dimulai dengan menentukan subjek penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melalui metode statistik peneliti dapat melihat hasil belajar dari kelas eksperimen dengan model numbered head together (NHT) dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model numbered head together (NHT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kunduran Blora yaitu kelas VII A sampai kelas VII C dengan jumlah keseluruhan 80 siswa, sedangkan sampel dengan pengambilan teknik cluster random sampling dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data dari tes bercerita fabel dengan menggunakan bantuan media gambar dapat di uji melalui uji prasyarat (homogenitas, dan linearitas data), dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan perhitungan uji t diperoleh harga sebesar 2,354. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai untuk = ( + − 2) = (27 + 27 − 2 ) = 52 dan taraf signifikan 5% nilainya adalah = 1,83. Ternyata thitung > t tabel yaitu 2,354 > 1,83. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Analisis akhir keefektifan bercerita fabel dengan model numbered head together (NHT) dengan bantuan media gambar diperoleh siswa tuntas mencapai 100% dengan rata-rata 85,87 dan mengalami peningkatan dari KKM yang ditentukan yaitu 72. Dapat disimpulkan terdapat keefektifan model numbered head together (NHT)dengan bantuan media gambar terhadap kemampuan menceritakan fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kunduran Blora tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, model numbered head together (NHT), bantuan media gambar, menceritakan fabel.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:42
Last Modified: 03 Mar 2020 07:42
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item