PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MA AMPEL BANJAREJO SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NISA, ELSA OKTA KHOIRUN (2019) PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MA AMPEL BANJAREJO SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
FILE PDF SAMPUL, LEMBAR PENGESAHAN DAN BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (414kB)

Abstract

ABSTRAK Nisa, Elsa Okta Khoirun. 2019. Pengaruh Metode Active Learning Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Nur Rohman, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (II). Taufiq Hidayat, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : metode active learning tipe Team Quiz, hasil belajar Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah metode active learning tipe team quiz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh karena hanya terdapat dua kelas yang dijadikan responden, yaitu siswa kelas XI.IPS.1 yang berjumlah 23 siswa yang dijadikan kelas eksperimen, sedangkan siswa kelas XI.IPS-2 yang berjumlah 19 siswa yang dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan eksperimen. Hasil penelitian ini adalah metode active learning tipe team quiz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan rumus polled varians, dimana thitung sebesar 7,524 yang dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5%, yaitu sebanyak 2,021. Ternyata, hasil thitung lebih besar daripada ttabel (thitung > ttabel atau 7,524 > 2,021). Dengan demikian, hipotesis alternatif (H1) akhirnya menjadi jawaban atas rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu metode active learning tipe team quiz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode active learning tipe Team Quiz, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:36
Last Modified: 04 Mar 2020 07:36
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item