EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI-IPS DI MA AMPEL BANJAREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AZIZAH, MIRZA (2019) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI-IPS DI MA AMPEL BANJAREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2 FILE BAB 1 SAMPAI 3.pdf - Published Version

Download (645kB)

Abstract

ABSTRAK Azizah, Mirza. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Air (Auditory Intellectually Repetition) dengan Media Visual terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI-IPS di MA Ampel Banjarejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Ayis Crusma Fradani, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (II). Ali Mujahidin, S. Pd., M.M. Kata kunci : AIR (Auditory Intellectually Repetition), media visual, hasil belajar Penelitian ini menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Berdasarkan tinjauan yang dilakuakn peneliti di sekolah MA Ampel banjarejo Bojonegoro terdapat beberapa kelas XI dimana gurunya masih menggunakan metode ceramah,sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Apabila hal tersebut tidak mendapatkan tindakan perbaikan, maka dipastikan bahwa banyak siswa yang akan merasa jenuh dan bosan dengan teknik pembelajaran yang tetap sama dari hari ke hari tanpa inovasi maupun kreativitas dari guru mereka. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dengan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI-IPS di MA Ampel Banjarejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh karena hanya terdapat dua kelas yang dijadikan responden, yaitu siswa kelas XI.IPS.1 yang berjumlah 23 siswa yang dijadikan kelas eksperimen, sedangkan siswa kelas XI.IPS-2 yang berjumlah 19 siswa yang dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan jenis quasy experiment. Teknik analisis data penelitian ini mencakup uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dengan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI-IPS di MA Ampel Banjarejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini bisa diketahui dari hasil penghitungan statistik pada bab IV bahwa thitung yang diperoleh melalui penghitungan dengan rumus komparatif dua sampel tidak berkorelasi (t-test) adalah 6,63, setelah dibandingkan dengan ttabel, dk = 40 pada taraf signifikansi 5%, yaitu 2,021, dapat diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (6,63 > 2,021). Maka dari itu, H1 diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: AIR (Auditory Intellectually Repetition), media visual, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:45
Last Modified: 04 Mar 2020 07:45
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item