PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK KRIDHA DOPLANG KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2018/2019

PUSFITANINGRUM, APRILIANA (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK KRIDHA DOPLANG KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Sampul, pengesahan, bab 1-3.pdf - Published Version

Download (753kB)

Abstract

ABSTRAK Pusfitaningrum, Apriliana. 2019. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pelajaran Akuntansi Keuanagn Kelas XI Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Drs. Sarjono,M.M. Pembimbing (II). Ali Noeruddin, S.Si.,M.Pd. Kata kunci : lingkungan keluarga, kebiasaan belajar, prestasi belajar Sering kita jumpai masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas Pekerjaan Rumah dan masih banyak siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah tersebut di sekolahan, seharusnya siswa dapatmemanfaatkan waktu dirumah untuk belajar dan mengerjakan PR, orang tua juga berperan penuh dalam mengontrol cara belajar siswa pada saat di dalam rumah. Jenis-jenis kebiasaan belajar diatas merupakan bentuk bentuk prilaku belajar yang tidak baik karena mempengaruhi aktivitas belajar siswa dan selanjutnya dapat menyebabkan rendahnya prestasi belajar yg diperoleh siswa. Siswa dikatakan tuntas jika mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), di mana nilai KKM SMK Kridha Doplang adalah 74 , jika di bawah 74 maka siswa dinyataka tidak tuntas, sementara nilai Akuntansi Keuangan siswa SMK Kridha Doplang masih terdapat nilai yang dibawah KKM. Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi merupakan suatu masalahyang membuat guru ingin berusaha memperbaikinya, rendahnya prestasi belajar juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar siswa, orang tua diharapkan lebih aktif untuk memantau cara belajar anaknya dan dapat membagi waktu untuk bermain. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap pretasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan siswa kelas XI SMK Kridha Doplang tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Kridha Doplang Kabupaten Blora, yang terdiri dari 2 kelas, yang berjumlah 40 orang/siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling yang berjumlah 20. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksplanasi. Penelitian Eksplanasi adalah penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel variabel yang diteliti serta hubungan/pengaruh atau membandingkan antara satu variabel dengan variabel yang lain dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan amgket/kuisioner dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan tidak terdapat keterkaitan secara simultan antara lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI SMK Kridha Doplang. Tetapi terdapat pengaruh secara signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI SMK Kridha Doplang. Kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 13,6% dan sebesar 86,4% dipengaruhi oleh faktor lain baik faktor internal maupun faktor eksternal. Kesimpulannya lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, tetapi kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, kebiasaan belajar, prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:18
Last Modified: 04 Mar 2020 08:18
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item