PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGRI SUGIHWARAS TAHUN 2018/2019

SETIAWAN, ARJANU TRI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGRI SUGIHWARAS TAHUN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. BAB 1-3+SAMPUL DAN PENGESAHAN FIX.pdf - Published Version

Download (906kB)

Abstract

ABSTRAK Arjanu Tri Setiawan. 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pelajaran Kewirausahaan Di Smk Negri Sugihwaras Tahun 2018/2019 Dosen Pembimbing I Drs. H. Sarjono. M.M. Pembimbing II Ali Noeruddin S.Si.,M.Pd Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Kata kunci : Metode Penelitian NHT, Prestasi belajar Hipotensis dari penelitian ini adalah bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memperoleh hasil belajar kewirausahaan yang lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran langsung pada pokok bahasan kewirausahaan kelas Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) semester I SMKN Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro tahun ajaran 2018/2019. terdapat dua kelas yang dijadikan sebagai sampel. Yaitu kelas XI TKJ-1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ- 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan perlakuan pada kelas sampel, yaitu kelas eksperimen (XI TKJ - 1) diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Numbered Head Together, sedangkan pada kelas kontrol (XI TKJ - 2) diberikan perlakuan dengan pembelajaran langsung, selanjutnya dilakukan analisis pada nilai tes hasil belajar, harga tobs yang didapatkan 2,4043. Besar derajat kebebasan dk = 62 taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga tobs dengan rumus interpolasi adalah sebesar 1,6706. Didapatkan hasil bahwa harga tobs > ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan kewirausahaan kelas XI semester I SMKN Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Penelitian NHT, Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:52
Last Modified: 04 Mar 2020 08:52
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item