PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 JIKEN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PURNAMASARI, ATEM (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 JIKEN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. bab 1-3, sampul, dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (757kB)

Abstract

ABSTRAK Purnamasari, Atem. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jiken Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Drs. Sarjono, M.M (2) Ali Noeruddin S.Si.,M.Pd Kata kunci : media pembelajaran, kreativitas guru, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kreativitas guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jiken Kabupaten Blora tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel, yang terdiri dari 27 siswa untuk uji coba dan sebanyak 52 siswa untuk uji lapangan operasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket ini digunakan untuk mengetahui nilai signifikan hasil penggunaan media pembelajaran dan kreativitas guru yang dilihat dari hasil belajar siswa. Data dianalisis secara regresi berganda dan analisis instrumen tes menggunakan validitas isi dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji coba angket media pembelajaran dan kreativitas guru kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jiken Kabupaten Blora termasuk dalam kategori baik. Dan hasil uji nilai signifikan media pembelajaran adalah 2,330<0,024 yang berarti hipotesis ditolak, kreativitas guru adalah 7,556<0,000 yang berarti hipotesis ditolak, dan hasil uji ANOVA F yaitu 743,240<0,000 yang berarti ditolak. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dan kreativitas guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Media pembelajaran dan kreativitas guru memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya pada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jiken Kabupaten Blora.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kreativitas guru, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Mar 2020 09:04
Last Modified: 04 Mar 2020 09:04
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item