PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI KELAS VII DI SMP N SEKAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUKESI, RITA (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI KELAS VII DI SMP N SEKAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (866kB)

Abstract

ABSTRAK Sukesi, Rita. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Pembelajaran Flipchart Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Kelas VII Di SMP N Sekar Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Fruri Stevani, M.Pd., (II) Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Pembelajaran Flipchart, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media pembelajaran flipchart pada mata pelajaran IPS terpadu pokok bahasan kegiatan ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP N Sekar. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N Sekar kelas VII semester II tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi sebanyak 182 siswa. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII-C dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VII-A dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai UAS semester ganjil siswa kelas VII SMP N Sekar tahun pelajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan rumus product moment, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri dengan media pembelajaran flipchart sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP N Sekar didapatkan Harga t hitung yaitu thitung = 5,454. Taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga ttabel dengan rumus interpolasi adalah sebesar 1,6701. Didapatkan hasil bahwa harga thitung > ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media pembelajaran flipchart pada mata pelajaran IPS terpadu pokok bahasan kegiatan ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP N Sekar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Pembelajaran Flipchart, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:22
Last Modified: 05 Mar 2020 03:22
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item