PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA MA MATHOLI’UL FALAH SIMO KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN TAHUN AJARAN 2018/2019

ELYANI, DWI (2019) PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA MA MATHOLI’UL FALAH SIMO KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. Sampul BAB I-III.pdf - Published Version

Download (510kB)

Abstract

ABSTRAK Elyani, Dwi. 2019. “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dan XI MA Matholi’ul Falah Simo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Nurrohman, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (II) Taufiq Hidayat, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Guru, Kreativitas Guru dan Hasil Belajar Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019; (2) Pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019; (3) Pengaruh kemampuan komunikasi guru dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan XI MA Matholi’ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 75 orang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi koefisien determinasi, uji hipotesis dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi guru terhadap hasil Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi’ul Falah Simo ditunjukkan dengan nilai thitung= 2,683 dan ttabel= 1,996 (2,683 > 1,996) dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi’ul Falah Simo ditunjukkan thitung= 3,390 dan ttabel= 1,996 (3,390 > 1,996) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi guru dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi’ul Falah Simo ditunjukkan dengan Fhitung 12,507 > Ftabel 3,12 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Guru, Kreativitas Guru dan Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:33
Last Modified: 05 Mar 2020 03:33
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item