PENGARUH KREATIVITAS DAN SELERA HUMOR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS DARUL FALAH KEDUNGPRIMPEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROHMAN, MUHAMMAD FARID HABIB (2019) PENGARUH KREATIVITAS DAN SELERA HUMOR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS DARUL FALAH KEDUNGPRIMPEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
bab 1-3.pdf - Published Version

Download (516kB)

Abstract

ABSTRAK Rohman, M. F. H. 2019. Pengaruh Kreativitas dan Selera Humor Guru Terhadap Minat Belajar Pada Mmata Pelajaran IPS SISWA Kelas VII Mts Darul Falah Kedungprimpen Tahun Pelajaran 2018/2019. SKRIPSI. Pembimbing I: Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd, Pembimbing II: Rika Pristian Fitri Astuti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Kreativitas, Selera Humor Guru dan Minat Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kreativitas dan Selera Humor Guru Terhadap Minat Belajar Pada Mata pelajaran IPS Kelas VII MTs Darul Falah Kedungprimpen Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Falah Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan populasi seluruh siswa MTs Darul Falah yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket kreativitas di uji validitasnya dengan rumus korelasi product moment dengan tingkat penerimaan signifikansi 5% dari 10 item angket kreativitas yang di uji terdapat 10 item angket yang dinyatakan valid. Reliabilitas angket kreativitas di uji dengan rumus koefisien alpha sebesar 0,881. Angket selera humor guru di uji validitasnya dengan rumus korelasi product moment dengan tingkat penerimaan signifikansi 5% dari 10 item angket kreativitas yang di uji terdapat 10 item angket yang dinyatakan valid.Reliabilitas angket kreativitas di uji dengan rumus koefisien alpha sebesar 0,936. Teknik analisis data yang digunakan metode statistik regresi linear ganda diperoleh hasil Y = (-0,844) + 0,810 (X1) + 0,205 (X2). Hal ini menunjukan bahwa nilai Y dipengaruhi X1 dan X2. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji F pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05 dengan hasil 37.323 dengan demikian F hitung dibanding dengan F tabel yaitu 37.323 > 3.55 maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas dan selera humor guru terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Selera Humor Guru dan Minat Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:24
Last Modified: 05 Mar 2020 08:24
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item