PENGARUH PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGHETER (NHT) DENGAN PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN PERDAGANGAN ANTAR DAERAH DAN PERDAGANGAN ANTAR NEGARA DI SMP NEGERI 1 NGRAHO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MELIA, YENI EKA (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGHETER (NHT) DENGAN PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN PERDAGANGAN ANTAR DAERAH DAN PERDAGANGAN ANTAR NEGARA DI SMP NEGERI 1 NGRAHO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 1-3 SAMPUL DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (691kB)

Abstract

ABSTRAK Melia, Yeni Eka. 2019. Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Prestasi BelajarIPS Terpadu Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Perdagangan Antar Daerah Dan Perdagangan Antar Negara Di SMP N 1 Ngraho Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Fruri Stevani, M. Pd., (II) Anita Dewi Utami, M. Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Numbered Head Togheter (NHT), Pembelajaran picture and picture, Prestasi Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif pembelajaran Numbered Head Togheter (NHT) dengan pembelajaran picture and picture terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII pada pokok bahasan perdagangan antar daerah dan perdagangan antar negara di SMP N 1 Ngraho Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Ngraho tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Untuk kelas eksperimen adalah kelas VIII H , kelas kontrol adalah kelas VIII A dan kelas uji coba adalah kelas VIII C. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar. Analisis instrumen tes menggunakan validitas isi, daya beda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa penggunaan pembelajaran Numbered Head Togheter (NHT) dengan pembelajaran picture and picture dapat menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran langsung, dengan thitung = 4.38 dengan taraf signifikan 0.05 di peroleh ttabel = 1.6723, dengan dk = 58 maka harga ttabel =1.6723. Tobs ∈ DK sehingga H0 ditolak maka ada pengaruh positif penggunaan pembelajaran Numbered Head Togheter (NHT) dengan pembelajaran picture and picture terhadap presetasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu pokok bahasan perdagangan antar daerah dan perdagangan antar negara tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Numbered Head Togheter (NHT), Pembelajaran picture and picture, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:55
Last Modified: 05 Mar 2020 08:55
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item