EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP MIFTAHUL FALAH SENORI TUBAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SAINDRO, PAMUJI (2019) EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP MIFTAHUL FALAH SENORI TUBAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2.Sampul& Bab 1-3.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pamuji, Saindro. (2019). Eksperimentasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Miftahul Falah Senori Tuban Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I (Ayis Crusma Fardani, S.Pd.,M.Pd). Pembimbing II (Drs. Sarjono, M.M.) Perkembangan tentang pendidikan di indonesia sangatlah begitu pesat dan bervariasi, namun sebagian besar guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dengan begitu agar siswa dapat meningkatkan memecahkan masalah salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Pada hakikatnya pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik, baik interaksi secara langsung maupun secara tidak langsung. Didasari oleh adanya perbedaan interaksi tersebut, maka kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunkan berbagai pola pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design (eksperimental semu). Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Miftahul Falah Senori Tuban yang terdiri dari kelas VIII A dengan jumlah 22 siswa, dan kelas VIII B dengan jumlah 24 siswa. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Miftahul Falah Senori Tuban Tahun Pembelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah dan eksperimental semu

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah dan eksperimental semu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:38
Last Modified: 06 Mar 2020 02:38
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item