PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2018/2019

SHOLIHAH, RIF'ATUS (2019) PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (925kB)

Abstract

ABSTRAK Sholihah, Rif’atus. 2019. Pengaruh Persepsi Pendidikan Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Ayis Crusma Fardani, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Dwi Erna Novianti, S.Si., M,.Pd. Kata kunci: Persepsi Pendidikan, Biaya Pendidikan, Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pendidikan dan biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem yang terdiri dari 19 siswa dari kelas IPA dan 18 dari kelas IPS . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian dari pengujian hipotesis maka dapat diketahui: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial persepsi pendidikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dengan thitung sebesar 2,870 dan signifikansi sebesar 0,007; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dengan thitung sebesar 3,737 dan signifikansi sebesar 0,001; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi pendidikan dan biaya pendidikan secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dengan Fhitung sebesar 13,477 dan signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka persepsi pendidikan dan biaya pendidikan berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem. Berdasarkan hasil penelitian pihak sekolah supaya memberikan sosialisasi dan arahan tentang pentingnya sebuah pendidikan tinggi dan guru mampu meningkatkan kesadaran siswa sehingga siswa memiliki motivasi dan ketertarikan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan agar melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor lain yang menyebabkan rendahnya minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pendidikan, Biaya Pendidikan, Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:22
Last Modified: 06 Mar 2020 03:22
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item