PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN EVALUASI TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NGRAHO TAHUN AJARAN 2018-2019

SUTANTI, IRMA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN EVALUASI TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NGRAHO TAHUN AJARAN 2018-2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 1-3 + SAMPUL & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sutanti, Irma. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Evaluasi Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Ngraho Tahun Ajaran 20182019, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) M. Zainudin, M.Pd. (II) Ali Mujahidin,S.Pd, M.M. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Tipe Course Review Horay (CRH), Prestasi Belajar IPS Terpadu Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dievaluasi dengan tipe Course Review Horay (CRH) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Ngraho Bojonegoro 2018/2019. Jenis penelitian adalah eksperimental (Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngraho. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sumpling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Tes diujicobakan untuk mengukur validitas isi berdasarkan pada indek formula aiken, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas dengan uji f, uji keseimbangan dengan uji t, dan uji hipotesis dilakukan menggunakan rumus Polled Varians. Perhitungan data awal menunjukkan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, uji homogenitas diperoleh variansi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen,uji keseimbangan menunjukkan kedua kelompok dalam keadaan seimbang. Perhitungan uji hipotesis thitung = 2,8096 dan ttabel = 2,0017 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 60. Kesimpulan dari analisis data tersebut adalah ada pengaruh Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Evaluasi Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 1 Ngraho tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Tipe Course Review Horay (CRH), Prestasi Belajar IPS Terpadu
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:31
Last Modified: 06 Mar 2020 03:31
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item