PENGARUH SISTEM BOARDING SCHOOL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM BANGILAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SUSIANA, SUSIANA (2019) PENGARUH SISTEM BOARDING SCHOOL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM BANGILAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (768kB)

Abstract

ABSTRAK Susiana. 2019. “Pengaruh Sistem Boarding school dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs. Assalam Bangilan Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ifa Khoiria Ningrum, M.M., (II) Ernia Duwi Saputri, S.Pd, M.H, Kata Kunci : Sistem Boarding school, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Sistem Boarding school terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS siswa kelas VIII di Mts. Assalam Bangilan Tuban Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII Di MTs. Assalam Bangilan Tuban Tahun Ajaran 2018/2019, (3) Pengaruh Sistem Boarding school dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII di MTs. Assalam Bangilan Tuban Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Dimana pendekatan ini diigunakan untuk meneliti data yang berupa angka-angka yang sudah dioleh dan dianalisis dalam bentuk analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs. Assalam Bangilan Tuban yang berjumlah 158 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengukur variabel Sistem Boarding school dan Kemandirian Belajar, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data mengenai gambaran umum sekolah, jumlah siswa, dan nilai mengetik manual kelas Di MTs. Assalam Bangilan Tuban. Uji validitas instrumen dengan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen dengan rumus Cronbach Alpha, yang dilakukan pada 40 siswa kelas VIII di MTs. Assalam Bangilan Tuban Tahun Ajaran 2018/2019. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas serta uji hipotesis yang digunakan adalah dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sistem boarding school terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTs. Assalam Bangilan Tuban sebesar 67% yang dibuktikan thitung= 16.698 dan ttabel= 2.011 pada signifikansi 5%; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs. Assalam Bnagilan Tuban sebesar 55% yang ditunjukkan thitung= 2.144 dan ttabel= 2.011 pada signifikansi 5%; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sistem boarding school dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS kelas VIII MTs. Assalam Bangilan Tuban sebesar 70% yang ditunjukkan dengan Fhitung 148.877 > Ftabel 3.24 pada signifikansi 5%. Penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh secara bersama-sama sebesar 70% dan masih ada 30% yang dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Boarding school, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 06 Mar 2020 04:02
Last Modified: 06 Mar 2020 04:02
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item