Penerapan Pembelajaran Online Group Whatsapp dalam Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Metode Untuk Mencapai Hasil Belajar Siswa

Nur, Rohman and Heru, Ismaya (2021) Penerapan Pembelajaran Online Group Whatsapp dalam Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Metode Untuk Mencapai Hasil Belajar Siswa. Penerapan Pembelajaran Online Group Whatsapp dalam Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Metode Untuk Mencapai Hasil Belajar Siswa, 9 (2). pp. 393-408. ISSN 37-9049 (

[img] Text
jurnal pak Nur 2021.pdf - Other

Download (782kB)
Official URL: file:///G:/%C2%A0/kumpulan%20penelitian%20jafa/jur...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran online group whatsapp dipandemi COVID-19, metode pembelajaran dalam masa pandemi COVID-19, dan hasil belajar pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas II-A, dan 2 orang siswa kelas II-A. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyusunan data dan kategorisasi. Hasil penelitian: (1) Pembelajaran online dilakukan secara daring dengan menyiapkan perencanaan dan pelaksanaan, perencanaannya meliputi pembuatan materi, tugas dan soal. Untuk pelaksanaannya dengan membagikan materi serta tugas melalui group whatshapp kemudian bagi siswa yang tidak punya handphone guru mengantarkan soal kerumah atau orang tua mengambil kesekolah. (2) Metode pembelajaran dalam pembelajaran online yaitu guru membuat materi kemudian materi difoto dan dikirim lewat group whatsapp yang dimiliki semua siswa kemudian siswa mempelajarinya dengan bukti foto yang dikirim balik kegroup whatsapp sebagai bukti melaksanakan pembelajaran. Luring dilakukan siswa sendiri sedangkan daring dilakukan setiap hari, tugas dikumpulkan sesuai kesepakatan dengan guru yaitu dengan media foto dan dikirim lewat group whatshapp. Materi disesuaikan dengan kompetensi dasar yang diambil dari buku paket dan LKS kemudian guru membuat soal sebagai alat evaluasi pembelajaran. (3) hasil belajar siswa terlihat bahwa penerapan pembelajaran online sulit untuk mencapai hasil belajar siswa hal itu disebabkan beberapa faktor seperti rumah siswa pedesaan sulit signal internet, banyak siswa yang tidak punya aplikasi whatsapp atau handphone, siswa kurang bertanggung jawab mengerjakan tugas, dan kondisi orang tua serta lingkungan sangat kurang mendukung sehingga hasil belajar siswa yang dicapai kurang maksimal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Rohman
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:10
Last Modified: 05 Jun 2024 06:10
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item