Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi

Junarti, Junarti and Nur, Rohman and Sujiran, Sujiran and Afifatul, Abidah (2023) Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi. Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi, 1 (1). pp. 444-454. ISSN 3235-3635

[img] Text
prosiding pak Nur juni 2023.pdf

Download (339kB)
Official URL: file:///C:/Users/USER/Downloads/1706-4556-1-PB-3.p...

Abstract

Literasi matematis merupakan bagian penting yang dibutuhkan siswa da- lam pembelajaran matematika ketika melakukan pemahaman konsep matematika. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan profil tahapan proses literasi ma- tematis siswa SMA dalam pembelajaran limit fungsi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan instrument tes dan kuesioner untuk menggali tahapan proses literasi matematis pada 34 siswa SMA kelas XI. Data dianalisis dengan uji statistik deskriptif satu variabel. Hasil penelitian menunjukkan mean hasil tes limit fungsi sebe- sar 55,85 dengan standar deviasi 35,09 hal ini menunjukkan kemampuan limit fungsi siswa masih rendah dan variatif. Hasil kuesioner dari tahapan proses literasi matematis siswa ini menunjukkan prosentase siswa yang dapat memahmi konsep limit fungsi me- lalui contoh soal sebanyak 59%, prosentase siswa yang dapat memahami melalui ru- mus/definisi secara langsung sebanyak 18 %, prosentase yang dapat memahami melalui contoh divariasi rumus/definisi sebanyak 21%. Profil tahapan proses literasi matematis bersesuaian dengan kemampuan pemahaman konsep limit fungsi, artinya proses literasi matematis siswa yang menggunakan tahapan yang mampu menggunakan ru- mus/definisi secara langsung maka pemahaman konsep limit fungsi juga baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Rohman
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:13
Last Modified: 05 Jun 2024 07:13
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item View Item