Pengaruh Kemandirian Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Dander Di Masa Pandemi Covid-19

Sujiran, Sujiran and Nur, Rohman and Novelia, Rizka Zakiatin (2023) Pengaruh Kemandirian Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Dander Di Masa Pandemi Covid-19. Pengaruh Kemandirian Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Dander Di Masa Pandemi Covid-19, 11 (1). pp. 211-219. ISSN SN 2337-9049 (print), ISSN 2502-4671 (online)

[img] Text
jurnal pak Nur sep 2023.pdf

Download (674kB)
Official URL: file:///G:/%C2%A0/kumpulan%20penelitian%20jafa/jur...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana kemandirian. mempengaruhi pembelajaran, 2) mengetahui bagaimana lingkungan belajar mempengaruhi pembelajaran, dan 3) mengetahui bagaimana kemandirian dan lingkungan belajar mempengaruhi seberapa baik prestasi siswa dalam matematika selama pandemi COVID-19 di Dander, Kabupaten Bojonegoro..Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif. Random sampling sebagai metode pengambilan sampel pada penelitian.ini. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel, dipilih 105 siswa.Instrumen eksplorasi berupa aturan rapat tidak terstruktur, Pusat Tes Penilaian Semester (PTS) Matematika Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, Polling Otonom yang sah dan solid, serta iklim belajar mahasiswa. Sebelum dianalisis, data penelitian diperiksa normalitas, linearitas, multikolinieritas, dan varian variabel. , analisis regresi berganda, uji koefisien regresi gabungan, dan uji deterministik digunakan untuk menguji hipotesis. Akibatnya, selama pandemi COVID-19, prestasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Dander dipengaruhi oleh kemandirian dan lingkungan belajar. Kajian ini memberikan rekomendasi sebagai berikut: (1) siswa sebaiknya lebih memanfaatkan internet untuk memperluas pengetahuan dan memahami; (2) guru harus menggunakan berbagai strategi pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas siswa; dan (3) sekolah harus mendukung guru dan siswa agar mereka dapat tampil maksimal dan belajar maksimal selama pandemi COVID-19.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Rohman
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:13
Last Modified: 05 Jun 2024 07:13
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2575

Actions (login required)

View Item View Item