ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEGI TIGA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

AGE, NELLA MONICA THEREZIA (2024) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEGI TIGA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Nella Monica Therezia Age.pdf

Download (583kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Age, Nella Monica Therezia NIM 20110028. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Segi Tiga Karya Sapardi Djoko Damono dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro 2024. Pembimbing (I) Drs. Syahrul Udin, M.Pd. (II) Muhamad Sholehhudin, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: novel, nilai pendidikan karakter dan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendidikan karakter merupakan bagian penting dari proses pendidikan yang bertujuan membentuk kepribadian yang baik dan bertanggung jawab di masyarakat. Selain dari pembelajaran formal di sekolah, pendidikan karakter juga dipengaruhi oleh pengalaman hidup sehari-hari, interaksi sosial, dan sastra. Sastra, seperti yang ditunjukkan dalam novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono, memiliki peranan penting dalam membentuk individu yang lebih baik dan masyarakat yang lebih harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai – nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono. 2) mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif deskriptif, data atau bahan yang digunakan berupa kata, frasa, dan kalimat yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel tersebut. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk teks maka metode pengumpulan datanya menggunakan teknik menyimak dan mencatat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu membaca berulang-ulang novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono dan melakukan menandaan dengan cara menggaris bawahi dan mencatat. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa novel Segi Tiga berisi 16 nilai pendidikan karakter terdiri dari 43 data seperti 10 data nilai religius, 2 data jujur, 1 data disiplin, 3 data kerja keras, 1 data kreatif, 1 data mandiri, 1 data demokrasi, 5 data rasa ingin tahu, 2 data semangat, 1 data cinta tanah air, 2 data menghargai prestasi, 2 data bersahabat/komunikatif, 2 data cinta damai, 2 kata gemar membaca, 1 data peduli lingkungan, dan 12 data peduli sosial. Diantara semua nilai-nilai tersebut, nilai religius dan peduli sosial merupakan yang paling dominan dalam novel tersebut. Kemudian dihubungkan dengan dengan pembelajaran di SMA sesuai dengan kompetensi dasar (KD) 3.9 semester genap yang memuat tentang materi pembelajaran mengenai menganalisis isi dan kebahasan novel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:31
Last Modified: 02 Oct 2024 04:31
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item View Item