PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEKS DRAMA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BERBASIS FLIPBOOK

Sevtiana, Kurnia Ajeng (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEKS DRAMA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BERBASIS FLIPBOOK. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
KURNIA_21110061_Skripsi_sidang_12 - scan_compressed - Kurnia Ajeng Sevtiana-1-29.pdf

Download (531kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Sevtiana, K. A. Pengembangan Modul Ajar Teks Drama Bermuatan Kearifan Lokal Berbasis Flipbook. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Dr. Cahyo Hasanudin, S.Pd., M. Pd., Pembimbing II Sutrimah, S.Pd., M. Pd. Kata kunci—Teks drama, Kearifan lokal, Modul ajar, Flipbook. Abstrak—. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis kebutuhan, desain, serta keefektifan modul ajar teks drama bermuatan kearifan lokal berbasis flipbook. Penelitian R & D (Research and Development) digunakan dalam mengembangkan modul ajar teks drama bermuatan kearifan lokal berbasis flipbook. Pendekatan ini fokus pada pengembangan produk yang dapat diterapkan secara efektif dalam konteks pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan melibatkan teknik observasi, wawncara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi dari siswa dan guru di sekolah yang menjadi subjek penelitian. Selanjutnya, dalam tahap desain, pengembangan modul ajar dilakukan dengan membuat flowchart dan storyboard. Flowchart digunakan untuk menggambarkan alur produk secara sistematis, sementara storyboard membantu dalam visualisasi detail dari setiap halaman modul ajar seperti halaman cover dan halaman isi. Tahap pengembangan sendiri melibatkan validasi produk oleh ahli materi dan media untuk memastikan kevalidan dan kualitasnya. Hasil dari validasi ini menujukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan dinilai layak, dengan persentase 66% dari ahli materi, dan 88% dari ahli media. Implementasi modul ajar dilakukan dengan memperbaiki atau menyempurnakan produk berdasarkan masukan dari ahli materi dan media, kemudian menguji cobakan langsung pada siswa. Evaluasi dilakukan untuk menilai kualitas produk dan respon pengguna, baik dari segi keefektifan maupun kepraktisan dalam penggunaannya di lingkungan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modul ajar ini layak digunakan untuk proses pembelajaran, dengan hasil signifikansi uji-t independent 0,046 (<0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:07
Last Modified: 07 Aug 2025 02:07
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item