Maulana, Farid (2025) ANALISIS GAYA BAHASA PADA NOVEL BU TIDAK ADA TEMAN MENANGIS MALAM INI KARYA BOY CANDRA SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
FARID MAULANA_21110010 - Farid Maulana-1-23.pdf Download (951kB) |
Abstract
Farid maulana, 2025. “Analisis Gaya Bahasa pada Novel Bu Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya boy candra Serta relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA” Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd., Pembimbing II Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci: Novel, Gaya Bahasa, Relevansi di tingkat SMA Gaya Bahasa dalam Novel bu, tidak ada teman menangis malam ini dalam sebuah karya sastra merujuk pada cara pengarang menyampaikans ide dan pesan melalui pilihan kata, struktur kalimat, dan penggunaan figuratif bahasa. Dalam novel Boy Chandra ini, gaya bahasa yang digunakan sangat mendalam dan penuh emosi, mencerminkan suasana hati karakter-karakternya. Penelitian dengan menggunakan pendekatan antropologi sastra dengan meneliti gaya bahasa pernah dilakukan sebelumnya oleh Yustina dkk pada tahun 2023 Penelitian menggunakan judul analisis gaya bahasa novel "Koala Kumal" yang ditulis oleh Raditya Dika Berdasarkan hasil analisis penelitian dalam novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra ditemukan gaya bahasa Metafora sejumlah 29 temuan yang tersebar pada halaman 16, 22, Sampul, Prolog, Prolog, 105, 87, 69, 87, 69, 87, 120, 105, 66, 94, 97, 11, 11, 34, 35, 45, 45, 58, 60, 61, 66, 66, 66, 76, 87, 88. Ini efektif dalam memperkaya unsur estetis novel dan membantu pembaca memahami makna emosional secara lebih intens. Berdasarkan hasil analisis penelitian dalam novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra ditemukan gaya bahasa Hiperbola sejumlah 13 temuan yang tersebar pada halaman 41, 76, 94, 108, 80, 91, 44, 94, 29, 58, 88, 105. Novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra memiliki relevansi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, khususnya pada aspek apresiasi sastra dan pengenalan gaya bahasa. Penggunaan metafora dan hiperbola dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam menganalisis gaya bahasa, sekaligus melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Selain itu, novel ini juga mengandung nilai moral, seperti keteguhan hati, pentingnya menghargai perasaan, serta ketulusan cinta seorang anak kepada ibu. Nilai-nilai tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran sastra yang tidak hanya mengutamakan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:20 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:20 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |