Harimurti, Muharram Brihan (2025) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BALEN TAHUN AKADEMIK 2024/2025. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Muharram Brihan Harimurti_21310018 - MUHARRAM BRIHANHARIMURTI-1-20.pdf Download (709kB) |
Abstract
Harimurti, Muharram Brihan. (2025). ”Eksperimentasi Pembelajaran Berbasis Simulasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Balen Tahun Akademik 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Drs. Sujiran M.Pd. dan (2) Dr. Fruri Stevani, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Simulasi, Hasil Belajar, Bangun Datar, Studi Eksperimen Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun datar akibat dominasi metode ceramah dan minimnya media pembelajaran interaktif yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran berbasis simulasi dengan metode basic learning Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Balen tahun pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar matematika siswa berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang sebelumnya telah di validasi 3 ahli, dan telah di validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t (Paired Sample T-Test) dan uji normalitas sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakuan sebesar 66 yang berada di bawah KKM dan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis simulasi, rata-rata meningkat menjadi 87,34, yang berarti telah melebihi KKM. Dari hasil perhitungan hipotesis menunjukkan nilai. Karena
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:27 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:27 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |