PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOCRATIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X SMK PGRI 2 BOJONEGORO

MUJTAHIDIN, SYAHRUL (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOCRATIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X SMK PGRI 2 BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI SAHRUL FIX_102750(1) - Syahrul Mujtahidin-1-23.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Mujtahidin, Syahrul. 2025. “Pengaruh Penggunaan Media Socrative terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro”. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Rika Pristian Fitri Astuti, M.Pd., Pembimbing II Dian Ratna Puspananda, M.Pd, Kata Kunci : Socrative, Hasil Belajar,SMK PGRI 2 Bojonegoro Perkembangan teknologi digital mendorong pentingnya penggunaan media interaktif dalam pembelajaran. Di SMK PGRI 2 Bojonegoro, masih ditemukan kendala dalam pembelajaran akuntansi, seperti siswa yang pasif dan lambatnya evaluasi karena metode konvensional masih digunakan. Media Socrative hadir sebagai solusi inovatif dengan fitur kuis real-time yang memberikan umpan balik langsung kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Socrative terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 27 siswa kelas X-MPLB, dan data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 20 butir.Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata dari 53,33 pada pre-test menjadi 81,48 pada post-test. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media Socrative memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, Socrative terbukti dapat menjadi alternatif media evaluasi yang efektif dalam pembelajaran akuntansi, karena mendorong keaktifan siswa, mempercepat proses penilaian, dan meningkatkan pemahaman materi secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:34
Last Modified: 14 Aug 2025 07:34
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2921

Actions (login required)

View Item View Item