PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS XI TKJ DI SMK PELITA HARAPAN PADANGAN

WARDANI, JELITA TRI KUSUMA (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS XI TKJ DI SMK PELITA HARAPAN PADANGAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
JELITA TRI KUSUMA WARDANI (21220019) New - Joko Setyo Pranoto-1-24.pdf

Download (376kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Wardani Kusuma. (2025). “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas XI TKJ DI SMK PELITA HARAPAN PADANGAN”. Program Studi Pendididikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI BOJONEGORO. Pembimbing I, Neneng Rika J.K.,S.Pd.,M.H., Pembimbing II, Fifi Zuhriah.,M.Pd. Kata Kunci: (Pendidikan Kewarganegaraan, Guru, Sikap Toleransi, Siswa) Pada dasarnya dalam suatu lingkungan pendidikan khususnya, guru memiliki peran aktif untuk membangun sikap tolerannsi terhadap sesama tanpa membedakan suku, ras, budaya, dan lain sebagainya. Hal itu dapat menjadikan siswa mempunyai rasa empati serta bertanggungjawab, sehingga akan mengurangi terjadinya bullying dan deskriminasi antarsiswa. “Bagaimana Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas XI TKJ DI SMK PELITA HARAPAN PADANGAN?”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena atau karakteristik yang diteliti. Penelitian ini berfokus menjelaskan objek penelitian, seperti peristiwa atau fenomena yang terjadi. Penelitian deskriptif adalah mendeskripsikan variable utama secara mendetail, menyajikan hasil penelitian dengan data yang sesuai dengan fakta, mengumpulkan data pada periode tertentu, wilayah penelitian fleksibel. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas XI TKJ DI SMK PELITA HARAPAN PADANGAN, yaitu Peran guru sebagai Perancang Pembelajaran, Peran guru sebagai Pengelola Pembelajaran, Peran guru sebagai Pengarah Pembelajaran, Peran guru sebagai Evaluator, Peran guru sebagai Konselor, Peran guru sebagai Pelaksanaan Kurikulum. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru PKn menjalankan perannya sebagai perancang pembelajaran menggunakan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Sebagai pengelola, pengarah, evaluator, konselor dan Pelaksana kurikulum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:34
Last Modified: 22 Aug 2025 06:34
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2935

Actions (login required)

View Item View Item