PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES BERBANTUAN WORDWALL DAN FLIPBOOK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

ALSYHUSNA, DIVA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES BERBANTUAN WORDWALL DAN FLIPBOOK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Skripsi Fullpaper (Diva Alsyhusna) - Diva Alsyhusna-1-27.pdf

Download (444kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Alsyhusna, Diva. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Berbantuan Wordwall dan Flipbook pada Materi Persamaan Garis Lurus. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Ari Indriani, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Puput Suriyah, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Google sites, Wordwall, Flipbook Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi persamaan garis lurus serta minimnya penggunaan media pembelajaran interaktif oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites dengan bantuan Wordwall dan Flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan pengembangan serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites berbantuan Wordwall dan Flipbook. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap implementasi, dilakukan uji coba skala kecil terhadap 16 siswa kelas 8C dan uji coba skala besar terhadap 32 siswa kelas 8A SMPN 1 Rengel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memperoleh skor kevalidan dari ahli media sebesar 0,88 dan dari ahli materi sebesar 0,91 (keduanya sangat valid), kepraktisan berdasarkan respon siswa sebesar 92,71 (skala kecil) dan 93,03 (skala besar) serta guru sebesar 91,67 (sangat praktis), serta keefektifan berdasarkan uji N-Gain sebesar 54,82 pada uji skala kecil dan 57,80 pada uji skala besar (kategori sedang atau cukup efektif). Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites berbantuan Wordwall dan Flipbook dikembangkan melalui tahapan pemilihan materi, perancangan, dan pembuatan, hasil uji kevalidan menunjukkan media sangat valid, dan uji kepraktisan serta efektivitas menunjukkan bahwa media ini praktis digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:33
Last Modified: 27 Aug 2025 04:33
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item