EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATHICS PROJECT (MMP) MODIFIED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Narita, Ulfiana Dhathullia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATHICS PROJECT (MMP) MODIFIED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5-ULIFIANA 2 - Ulfi Ana-1-29.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Narita, Ulfiana Dhathullia. (2025). “Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathemathics Project (MMP) Modified Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I: Ari Indriani, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Puput Suriyah, M.Pd. Kata Kunci: Missouri Mathematics Project (MMP), kemampuan pemecahan masalah, aritmatika sosial Model Missouri Mathematics Project (MMP) modified adalah kombinasi model Missouri Mathematics Project (MMP) dan metode pembelajaran case study yang mendorong siswa untuk selalu menganalisis dalam penyelesaian permasalahan yang diberikan mulai dari pemahaman soal, menganalisis soal dan penyelesaian soal. Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Modified terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan desain penelitian yang dipakai adalah True Eksperimental dengan bentuk pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes dengan pretest dan posttest yang dilakukan diawal dan akhir penelitian. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas,, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan serta uji hipotesis dengan uji Independent sample T-test serta dilakukan analisis N-Gain. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Aug 2025 05:05
Last Modified: 27 Aug 2025 05:05
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item