INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENILAIAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Irnawati, Lailatul (2025) INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENILAIAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI_LAILATUL IRNAWATI_21310049_ - lailatul irnawati-1-29.pdf

Download (395kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Irnawati, Lailatul. (2025). Inovasi Pembelajaran Matematika Melalui Penilaian Efektivitas Penggunaan Kecerdasan Buatan dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Boedy Irhadtanto, S.T., M.Pd., Pembimbing II Muh. Rinov Cuhanazriansyah, S.T., M.Pd.T. Kata Kunci: Kecerdasan Buatan, Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Motivasi Belajar Rendahnya hasil dan motivasi belajar matematika siswa masih menjadi permasalahan signifikan dalam dunia pendidikan, yang salah satunya disebabkan oleh anggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak, dan sulit. Kondisi ini diperparah oleh minimnya inovasi dalam strategi pembelajaran, yang menjadikan proses belajar terasa monoton dan kurang kontekstual, sehingga menurunkan minat serta keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan umum diatas, dapat dirumuskan tiga tujuan yang diyakini mampu mencakup inti permasalahan dan menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini terdiri dari: 1) Untuk mengukur perbedaan pengaruh antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah penggunaan kecerdasan buatan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), 2) Untuk mengukur perbedaan pengaruh antara motivasi belajar matematika siswa sebelum dan sesudah penggunaan kecerdasan buatan dengan pendekatan RME, 3) Untuk menguji efektivitas penerapan pembelajaran matematika dengan penggunaan kecerdasan buatan dan pendekatan RME. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One Grup Pre-test Post-test Design. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII MTs Walisongo Sugihwaras sebagai populasi. Sampel diperoleh melalui teknik cluster random sampling, yang menghasilkan kelas VIII A sebagai kelas sampel dengan jumlah 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan kondisi umum, serta secara statistik inferensial untuk menguji perbedaan pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Uji statistik inferensial menggunakan paired sample t-test memenuhi prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan kecerdasan buatan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME); 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan kecerdasan buatan dengan pendekatan RME; 3) inovasi pembelajaran yang diterapkan efektif dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:39
Last Modified: 27 Aug 2025 07:39
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item