Azizah, Diah Nur (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
DIAH NUR AZIZAH_21310040 - Diah Nur Azizah-1-27.pdf Download (882kB) |
Abstract
Azizah, Diah Nur. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Baamboozle terhadap Hasil Belajar Materi Aritmatika Sosial. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Junarti, M.Pd., Pembimbing II Anis Umi Khoirotunnisa, M.Pd. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Baamboozle, Hasil Belajar Rendahnya capaian hasil belajar peserta didik tercermin dari dominasi nilai yang belum memenuhi batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa proses pembelajaran yang berlangsung belum mampu mengakomodasi kebutuhan dan karakteristik belajar peserta didik secara optimal. Rendahnya hasil belajar ini menjadi indikator penting bahwa diperlukan inovasi dalam strategi pembelajaran di kelas. Salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh pendidik adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan mampu meningkatkan keterlibatan serta pemahaman peserta didik secara aktif dan bermakna. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Baamboozle materi aritmatika sosial? 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Baamboozle materi aritmatika sosial? 3) Apakah terdapat perbedaan pengaruh sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Baamboozle terhadap hasil belajar peserta didik materi aritmatika sosial? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas VII SMP Baitul Muttaqin Sidorejo sebanyak 35 peserta didik, dengan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 35 peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Tes berupa 20 soal pilihan ganda yang telah dibuktikan dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji tingkat kesukaran, serta memenuhi kriteria. Analisis data menggunakan Paired sample t-test (rumus Dependent t-test) dengan tahapan uji prasyarat mencangkup normalitas dan homogenitas. Hasil analisis uji hipotesis didapatkan nilai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:53 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 07:53 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |