RIZXY, HAVIZ (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENCAPAIAN AKADEMIK SISWA DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Haviz Rizxy _21310013 - Haviz Rizxy-1-33.pdf Download (686kB) |
Abstract
Rizxy, Haviz. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Pencapaian Akademik Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Boedy Irhadtanto, S.T., M.Pd., Pembimbing (2) Muhammad Rinov Cuhanazriansyah, S.T., M.Pd.T. Kata kunci: Team Games Tournament, Aritmatika Sosial, Pencapaian Akademik Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa serta kurangnya keaftifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan model pembelajaran TGT terhadap pencapaian akademik siswa dalam materi Aritmatika Sosial, menganalisis dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap pencapaian akademik siswa, menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran materi aritmatika sosial di Mts Mujahidin Sambong. Model pembelajaran TGT merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang menggabungkan aktivitas belajar dalam tim dengan kompetisi melalui turnamen, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen bentuk One Group Pretest-Posttest Design, di mana satu kelompok siswa diberikan tes sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran TGT. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas VII yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan model TGT dipengaruhi oleh keaktifan siswa, suasana belajar yang menyenangkan dan kompetitif, pengelompokan acak, serta peran guru sebagai fasilitator, yang mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif dan kolaboratif. Model pembelajaran TGT berpengaruh signifikan terhadap pencapaian akademik siswa pada materi Aritmatika Sosial, ditunjukkan oleh hasil uji Paired Sample t-Test (-thitung = -19,790 < -ttabel = -2,021) yang menolak H₀. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 58,18 menjadi 76,18, sehingga TGT terbukti berdampak positif terhadap hasil belajar. Implementasi model TGT pada pembelajaran Aritmatika Sosial berlangsung efektif melalui tahap presentasi, kerja kelompok, turnamen, dan penghargaan. Siswa tampak antusias, aktif berdiskusi, dan bersemangat, sehingga partisipasi meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 08:33 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 08:33 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |