SARI, RATNA JUWITA INTAN PERMATA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA WIZER.ME TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI BISNIS POKOK BAHASAN BADAN USAHA DALAM SISTEM EKONOMI INDONESIA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Ratna Juwita Intan Permata Sari (21210031) - Ratna juwita 03-1-25 (1).pdf Download (750kB) |
Abstract
Ratna Juwita Intan Permata Sari, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media wizer.me Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Pokok Bahasan Badan Usaha Dalam Sistem Ekonomi Indonesia kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Cepu. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. Fruri Stevani, M.Pd., (2) Dr Sujiran, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Wizer.me, Prestasi Belajar, Ekonomi Bisnis, Model Pembelajaran Inovatif Maksud dari penelitian ini yaitu menilai sejauh mana siswa Kelas X dari SMK Negeri 1 CEPU mampu mengetahui sistem ekonomi Indonesia menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang didukung oleh Wizer.me. Latar Belakang Studi ini berfokus pada kinerja belajar yang rendah dalam metode pembelajaran siswa. Ini disebabkan oleh metode pembelajaran tradisional dan kurangnya penyimpangan dalam model pendidikan, yang menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-test dan post-test. Metode kluster pengambilan sampel acak digunakan untuk memilih 35 siswa di Kelas X Akuntansi 1 sebagai subjek studi. Peralatan pengumpulan data yang digunakan mencakup beberapa tes seleksi, pengamatan, dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji reliabilitas, validitas,dan uji-t yang biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang didukung oleh Wizer memiliki efek positif dan signifikan pada peningkatan kinerja pembelajaran siswa, yang dihasilkan dari perbedaan yang signifikan secara statistik antara nilai sebelum dan sesudah tes. Oleh karena itu, model PBL yang didukung oleh Wizer.ME telah terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:19 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:19 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |