Alfianti, Siti (2025) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PBL) BERBANTU VIDEO ANIMASI CAPCUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MATA PELAJARAN EKONOMI PADA POKOK BAHASAN EKONOMI PASAR KELAS XI MA AL HIDAYAH LAJOKIDUL SINGGAHAN TUBAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SITI ALFIANTI 21210039 - SITI ALFIANTI-1-24.pdf Download (991kB) |
Abstract
Siti Alfianti. 2025. “Pegaruh Project Based Learning (PBL) Berbantu Video Animasi Capcut Terhadap Prestasi Belajar Ips Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pokok Bahasan Ekonomi Pasar Kelas XI MA Al Hidayah Lajokidul Singgahan Tuban. Program Studi Pedidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Fruri Stevani, M.Pd., Pembimbing II Drs. Sujiran, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning (PBL), Video Animasi Capcut, Prestasi Belajar, Ekonomi Pasar, Pendekatan Kuantitatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbantu video animasi CapCut terhadap prestasi belajar IPS mata pelajaran ekonomi pokok bahasan ekonomi pasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MA Al Hidayah Lajokidul Singgahan Tuban. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran PBL berbantu video animasi CapCut terhadap peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa. Dengan demikian, penerapan model ini dapat menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi. Project Based Learning (PBL) yang dibantu oleh video animasi Capcut terhadap prestasi belajar IPS mata pelajaran Ekonomi pada pokok bahasan Ekonomi Pasar siswa kelas XI MA Al Hidayah Lajokidul Singgahan Tuban. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa, di mana hanya 35% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan pasif, mengakibatkan kebosanan dan kurangnya fokus siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas XI A. Data dikumpulkan melalui test. Analisis data melibatkan uji normalitas (Shapiro-Wilk) , uji linearitas , dan uji hipotesis dengan t-test regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbantu video animasi Capcut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Uji statistik paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi di bawah 0,05, yang membuktikan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Metode ini membantu siswa memahami konsep ekonomi yang bersifat abstrak melalui visualisasi interaktif, sehingga meningkatkan motivasi dan daya ingat siswa. Temuan ini sejalan dengan teori John Dewey yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis pengalaman dan keterlibatan aktif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 05:52 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 05:52 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |