PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS X MA ASSALAM BANGILAN TUBAN

Rohmah, Siti Lathiifatur (2025) PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS X MA ASSALAM BANGILAN TUBAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
siti lathiifatur rohmah _21210042 - Siti Lathiifatur Rohmah-1-22.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Siti Lathiifatur Rohmah. (2025). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas X MA Assalam Bangilan Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Rika Pristian Fitri A., M.Pd., Pembimbing II Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning,Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas X MA Assalam Bangilan Tuban. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitasnya dalam konteks madrasah aliyah yang berbasis keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain posttest-only control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas X-C sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model PBL dan kelas X-D sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan hasil 83,33% butir soal dinyatakan valid dan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,869. Data dianalisis menggunakan uji deskriptif, uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene, dan uji hipotesis Mann-Whitney U dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Model ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa, mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran, serta melatih kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:20
Last Modified: 08 Sep 2025 02:20
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item