PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PEER INFLUENCE, DAN FINANCIAL TECHNOLOGY PAYMENT TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO

KHOTIJAH, VINA ST (2025) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PEER INFLUENCE, DAN FINANCIAL TECHNOLOGY PAYMENT TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
VINA ST KHOTIJAH-21210087 - vina siti khotijah-1-30.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://bisma.jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/ar...

Abstract

Khotijah, Vina S. (2025). “Pengaruh Financial Literacy, Peer Influence, dan Financial Technology Payment Terhadap Financial Management Behavior Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Nur Rohman, M. Pd., Pembimbing II Ali Mujahidin, S. Pd., M. M. Penelitian ini berfokus pada telaah pengaruh financial literacy, peer influence, serta fintech payment terhadap financial management behavior pada mahasiswa. Latar belakang riset ini didasarkan pada fenomena maraknya penggunaan teknologi finansial pada mahasiswa namun tidak diimbangi dengan literasi finansial yang memadai serta adanya tekanan sosial dari teman sebaya yang dapat mempengaruhi perilaku keuangan mereka. Penelitian ini menggunakan metode explanatory reseach melalui teknik kuantitatif. Populasi yang dipakai pada riset ini berjumlah 268 mahasiswa dan diperoleh sampel sejumlah 73 responden dengan metode purposive sampling. Metode pengambilan data menggunakan kusioner yang dibagikan melalui Google Formulir. Teknik analisis data mengaplikasikan analisis regresi linier berganda berbantuan perangkat lunak Spss 27. Proses analisis mencakup uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji parsial (T-test), uji simultan (F-test), dan penghitungan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis, mengndikasikan financial literacy dan fintech payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior. Sementara peer influence tidak berpengaruh signifikan terhadap financial management behavior. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa. Kata Kunci : Literasi finansial, perilaku pengelolaan keuangan, teknologi pembayaran, teman sebaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:21
Last Modified: 08 Sep 2025 03:21
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item