RAMADHANA, MOCH. RISKA (2025) PENGARUH HARGA DAN STRATEGI WOM (WORD OF MOUTH) MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO FM DIGITAL PRINTING BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Moch. Riska Ramadhana_21210024 - Moch Riska Ramadhana (1)-1-21.pdf Download (731kB) |
Abstract
Ramadhana, Moch. Riska. 2025. Pengaruh Harga Dan Stategi WOM (Word Of Mouth) Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko FM Digital Printing Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Dosen Pembimbing (I) Dr. Taufiq Hidayat M.Pd. (II) Ali Noeruddin, S.Si M.Pd. Kata Kunci: Harga, Word of Mouth (WOM), Keputusan Pembelian, Digital Printing Dalam era digital saat ini, persaingan usaha di bidang percetakan semakin ketat, termasuk di Bojonegoro. FM Digital Printing sebagai salah satu pelaku usaha di bidang digital printing harus mampu merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Harga dan strategi pemasaran dari mulut ke mulut (Word of Mouth/WOM) menjadi dua faktor penting yang diduga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga dan WOM marketing terhadap keputusan pembelian di FM Digital Printing Bojonegoro. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian? (2) Seberapa besar pengaruh strategi WOM marketing terhadap keputusan pembelian? (3) Seberapa besar pengaruh harga dan strategi WOM marketing secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di FM Digital Printing? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 67 responden konsumen FM Digital Printing. Data dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, serta uji hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel WOM marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan, harga dan WOM marketing bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di FM Digital Printing Bojonegoro. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa meskipun harga bukan faktor dominan, strategi WOM marketing terbukti efektif memengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, manajemen FM Digital Printing disarankan untuk fokus memperkuat strategi WOM dengan memberikan pelayanan yang memuaskan agar konsumen terdorong untuk merekomendasikan jasa percetakan kepada orang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:10 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:10 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |