PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 2 JATIROGO TUBAN

Anisah, Umi Ronna (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 2 JATIROGO TUBAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
UMI RONNA ANISAH - Ratu Justice-1-25.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Umi Ronna Anisah. 2025. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dan Motivasi Belajar dengan Metode Outdoor Learning pada Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Jatirogo Tuban”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Abdul Ghoni Asror, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Oktha Ika Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: keterampilan menulis puisi, motivasi belajar, outdoor learning Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Outdoor Learning. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi dan kurang nya antusiasme belajar di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Tuban. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket motivasi belajar, dan analisis hasil karya puisi siswa. Yang dilaksanakan tanggal 22 April 2025 sampai 02 Mei 2025 pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 2 Jatirogo Tuban pada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode outdoor learning secara signifikan mampu meningkatkan kualitas puisi yang ditulis siswa, baik dari aspek diksi, imajinasi, rima, maupun ekspresi. Selain itu, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang ditandai dengan partisipasi aktif, ketertarikan terhadap materi, dan semangat dalam mengekspresikan perasaan melalui puisi. Pada Pra Siklus skor nilai siswa 71,5 dengan kategori kurang terampil. Setelah dilakukan fokus siklus I, skor nilai siswa naik menjadi 83,8 dengan kategori cukup terampil, lalu meningkat lagi secara signifikan pada siklus II menjadi 85,7 mendekati sangat terampil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi sekaligus memotivasi siswa untuk belajar secara lebih menyenangkan dan bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:09
Last Modified: 10 Sep 2025 07:09
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3081

Actions (login required)

View Item View Item