KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PULAU PENDIDAKTIS KARYA FERELLA MAERIZA

MARSITA, RIKA (2025) KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PULAU PENDIDAKTIS KARYA FERELLA MAERIZA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
RIKA MARSITA 2110080. - Rika 07-1-32.pdf

Download (924kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Marsita, R. Kajian Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan dalam Novel Pulau Pendidaktis Karya Ferella Maeriza. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Abdul Ghoni Asror, S.Pd., M. Pd., Pembimbing II Oktha Ika Rahmawati, S.Pd., M. Pd. Kata kunci—Sosiologi Sastra, Nilai pendidikan, Novel. Abstrak— Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa karya sastra tidak hanya berfungsi sebagai media ekspresi estetika, tetapi juga merepresentasikan realitas sosial yang hidup dalam masyarakat. Novel Pulau Pendidaktis karya Ferella Maeriza dipilih karena menggambarkan berbagai persoalan sosial dan nilai-nilai kehidupan yang relevan dengan kondisi masyarakat di daerah terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk sosiologi sastra dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel tersebut. Fokus kajian sosiologi sastra meliputi aspek sosial, adat, keagamaan, dan etika, sedangkan nilai-nilai pendidikan mencakup kejujuran, keberanian, kasih sayang, pengendalian diri, kerja sama, kerja keras, dan belas kasih. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Data diperoleh melalui teknik baca, simak, dan catat terhadap teks novel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori sosiologi sastra dari Wellek dan Warren serta teori pendidikan karakter dari Thomas Lickona. Validasi data dilakukan melalui teknik triangulasi teori dan sumber agar diperoleh hasil yang sahih dan mendalam. Penelitian ini menelaah bagaimana unsur-unsur sosial dan nilai-nilai karakter dibangun melalui narasi, tokoh, konflik, serta latar yang ada dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Pulau Pendidaktis mencerminkan berbagai persoalan sosial seperti ketimpangan pendidikan, pandangan masyarakat terhadap pendidikan, nilai budaya lokal, serta relasi sosial antar tokoh. Selain itu, ditemukan pula berbagai nilai pendidikan yang diwujudkan melalui sikap tokoh utama dalam menghadapi konflik dan tantangan hidup. Nilai-nilai tersebut mengandung pesan moral yang kuat tentang pentingnya perjuangan, empati, dan tanggung jawab sosial. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa novel Pulau Pendidaktis merupakan karya sastra yang tidak hanya mengandung nilai estetika, tetapi juga kaya akan makna sosiologi sastra dan pendidikan yang relevan bagi kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 10 Sep 2025 08:05
Last Modified: 10 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item View Item