Umam, Syaikhul (2025) ANALISIS KARAKTERISASI TOKOH DALAM NOVEL DOMPET AYAH SEPATU IBU KARYA J. S KHAIREN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
syaikhul umam_21110040 umm - Syaikhul Umam-1-22.pdf Download (2MB) |
Abstract
Umam, S., Analisis Karakteristik Tokoh dalam Novel Dompet Ayah Sepatu Ibu Novel Karya J.S Khairen dan Kaitannya dengan Pembelajaran Di Smp. Progam studi Pendidikan Bahasa dan seni, IKIP PGRI Bojonegoro, pembimbing 1, Abdul Ghoni Asror, S.Pd.,M.Pd., pembimbing II Oktha Ika Rahmawati, M.Pd. Kata Kunci…. Karakteristik Tokoh, Novel dompet ayah sepatu ibu Karya J.S.Khairen, Pembelajaran di SMP Analisis Karakteristik Tokoh dalam Novel Dompet Ayah Sepatu Ibu Novel Karya J.S Khairen memberikan kontribusi dalam pengembangan kajian sastra, khususnya dalam analisis karakter. Penelitian ini akan memperkaya pemahaman teori sastra mengenai karakterisasi tokoh dalam novel, serta bagaimana karakter-karakter tersebut berhubungan dengan nilai-nilai yang ada dalam kehidupan sosial dan budaya. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan baru mengenai hubungan antara karya sastra dengan pendidikan, khususnya dalam pembelajaran sastra di sekolah. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memperluas pemahaman mengenai peran sastra dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran yang berbasis pada karya sastra. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu jenis penelitian yang memberikan gambaran tentang latar penelitian dan penyajian data dilakukan dalam bentuk uraian.Dalam penelitian deskriptif peneliti berupaya menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu secara mendalam, jelas dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Dompet Ayah Sepatu Ibu mengandung kekayaan karakterisasi tokoh yang sangat kuat dan mendalam. Tokoh-tokoh utama dalam novel ini dibangun melalui pendekatan psikologis yang merefleksikan dinamika kehidupan keluarga modern. Tokoh Ayah digambarkan sebagai sosok yang keras, perfeksionis, dan sangat fokus pada pencapaian finansial. Ia jarang menunjukkan kasih sayang secara verbal, namun melalui tindakan, pengorbanannya bagi keluarga sangat besar. Tokoh Ibu merupakan representasi dari kelembutan, kesabaran, dan kasih yang tulus. Ia berperan sebagai penyeimbang dalam rumah tangga dan tempat bersandar emosional bagi anak-anaknya. Sedangkan tokoh Anak, sebagai narator dalam novel ini, mengalami transformasi batin dari sosok yang penuh kebingungan dan penilaian sepihak, menjadi pribadi yang mampu memahami dan memaknai bentuk-bentuk cinta orang tua yang kadang tersembunyi di balik tindakan sederhana. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel Dompet Ayah Sepatu Ibu bukan hanya layak untuk dikaji dari perspektif sastra, tetapi juga memiliki potensi yang besar sebagai bahan ajar yang mendukung penguatan karakter siswa, sekaligus meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra Indonesia kontemporer.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:50 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:50 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |