ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA NOVEL UNFINISHED GOODBYE KARYA SYAHID MUHAMMAD SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ULYA, ANISWATUL (2025) ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA NOVEL UNFINISHED GOODBYE KARYA SYAHID MUHAMMAD SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Aniswatul Ulya-1-25.pdf

Download (314kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Ulya, Aniswatul, 2025. Analisis Psikologi Sastra Novel Unfinished Goodbye Karya Syahid Muhammad Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tesis, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro 2025. Pembimbing (1) Drs. Masnu’atul Hawa, M.Pd. (II) Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci: Analisis Psikologi Sastra, Novel Unfinished Goodbye Syahid Muhammad, Relevansi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikologi sastra novel Unfinished Goodbye karya Syahid Muhammad. Tujuan pemelitian ini untuk menganalisis aspek psikologi tokoh dengan lima kebutuhan teori Abraham Maslow, siswa tidak hanya belajar memahami teks secara akademik, tetapi juga mengembangkan empati, berpikir kritis, dan kesadaran emosional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data utama berupa novel Unfinished Goodbye karya Syahid Muhammad. Data yang diperoleh melalui pembacaan yang mendalam terhadap teks novel, dan mencatat kalimat yang mengandung psikologi sastra teori Abraham Maslow. Teknik analisis data berupa penyajian data, redukasi data, penarikan kesimpulan. Teknik validasi data berupa validasi trianggulasi data, sumber, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Unfinished Goodbye karya Syahid Muhammad ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang SMA, karena isi bacaan dalam novel tersebut lebih cocok dibaca kalangan remaja. Dengan mempelajari psikologi tokoh utama pada novel tersebut siswa akan menambah pengetahuan dalam menghadapi masalah-masalah yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian lima kebutuhan teori psikologi sastra Abraham Maslow diantaranya: 1.) Kebutuhan fisiologis, 2.) Kebutuhan rasa aman, 3.) Kebutuhan rasa cinta dan memiliki, 4.) Kebutuhan harga diri, 5.) Kebutuhan aktualisasi diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:18
Last Modified: 15 Sep 2025 04:18
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item