Wahyuni, Endang Sri (2025) EKSPERIMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X DI SMK AL-FATTAH KALITIDU. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Endang Sri Wahyuni-1-27.pdf Download (1MB) |
Abstract
Wahyuni, Endang Sri. (2025) “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMK Al-Fattah Kalitidu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Ayis Crusma Fradani, M.Pd. Pembimbing II Dr. Ahmad kholiqul Amin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar Observasi awal di SMK Al-Fattah Kalitidu ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas X masih tergolong rendah hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata yang masih dibawah KKM. Tujuan penelitian yaitu untuk menilai dampak pemanfaatan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dilengkapi dengan alat bantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Al-Fattah Kalitidu. Metode yang digunakan adalah quasi-experimental dengan melibatkan dua kelompok, yakni kelompok eksperimen yang menerapkan pembelajaran berbasis CTL dengan bantuan mind mapping, serta kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) yang terdiri dari sepuluh soal esai. Rata-rata hasil pre-test pada kelompok eksperimen adalah 65,00 dan meningkat menjadi 85,00 pada post-test. Berdasarkan uji-t independen, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model CTL yang bersifat aktif dan kontekstual, terutama ketika didukung oleh media mind mapping, dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian, disarankan agar pendidik mulai mempertimbangkan penggunaan strategi ini dalam proses pembelajaran, serta melakukan penelitian lanjutan guna menelusuri efektivitas model ini dalam konteks yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 07:00 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 07:00 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |