Utami, Dwi Ratna Puspitasari Devy (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING (PJBL) BERBANTUAN CANVA TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS VIII DI SMP PGRI TUMBRASANOM. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
|
Text
Dwi Ratna PuspitaSari Devy Utami_21210053 - jupri utomo-1-30.pdf Download (816kB) |
Abstract
Utami, Dwi Ratna Puspitasari Devy (2025) “Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Canva Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Di SMP PGRI TUMBRASANOM. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP PGRI Tumbrasanom pada materi perdagangan antar pulau dan perdagangan internasional melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Canva. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian 30 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (pretest-posttest), observasi aktivitas pembelajaran, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji N-Gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar dengan Hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan signifikan pada seluruh aspek yang diamati. Aktivitas pembelajaran siswa meningkat dari kondisi awal 52,5% (kategori kurang baik) menjadi 88,2% pada siklus II (kategori sangat baik). Partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat dari 50% menjadi 100% dengan tingkat kepercayaan diri dan kemampuan berkolaborasi yang lebih baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dramatis dengan rata-rata nilai meningkat dari 72,8 pada pretest menjadi 86,4 pada posttest siklus II. Ketuntasan belajar mencapai 100% dengan N-Gain sebesar 0,47 (kategori sedang), dimana 90% siswa berada pada kategori N-Gain sedang, 6,7% kategori tinggi, dan 3,3% kategori rendah. Observasi menunjukkan peningkatan konsisten pada semua indikator PjBL, dengan observasi kegiatan siswa mencapai 88,2% dan observasi kegiatan guru mencapai 92% pada siklus II. Model PjBL berbantuan Canva tidak hanya meningkatkan aspek kognitif siswa, tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik, termasuk kepercayaan diri, kemampuan berkolaborasi, keterampilan komunikasi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model Project Based Learning berbantuan Canva efektif meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP PGRI Tumbrasanom secara signifikan. Model ini memberikan pengalaman belajar yang autentik, bermakna, dan sesuai dengan karakteristik pembelajaran abad 21, serta dapat menjadi alternatif efektif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran konvensional yang monoton. Kata Kunci: Project Based Learning, Canva, Hasil Belajar IPS, Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Abad 21
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 06:03 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 06:03 |
| URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
